Lakban Jadi Trik Mudah Cegah Lecet pada Kaki

c722fea4-4419-419f-afe7-96464c7968c2_169Demi terhindar dari lecet dan kulit melepuh di saat bertanding atau latihan, pelari sering menghabiskan uangnya untuk membeli plester dan pelicin khusus. Padahal menurut penelitian terbaru, tak perlu berkorban sebanyak itu. “Lecet bisa terjadi pada siapapun, bahkan jogger biasa, backpacker, atau mereka yang baru saja membeli sepatu baru. Tapi pengobatannya belum benar-benar ada sampai sekarang,” kata ketua tim peneliti, Dr Grant S Lipman.

Padahal, lanjut Lipman, lecet bisa jadi alasan paling umum yang ditemukan ketika terjadi penurunan performa dalam ajang olahraga seperti marathon. “Bahkan saya pernah menangani seorang pelari yang sampai masuk ICU karena sepsis parah dan nyaris kehilangan kakinya hanya karena luka lecet,” urainya.

Di tahun 2014 Lipman kemudian merekrut 128 pelari untuk ambil bagian dalam sebuah ajang ultramarathon bertajuk RacingThePlanet dengan jarak yang ditempuh sejak 250-an kilometer.

Pada salah satu kaki tiap pelari dipasangi lakban kertas, untuk membandingkan secara langsung dampak lari jarak jauh antara kaki yang ditutup lakban dan yang tidak.

Sedangkan pada pelari yang jarang terkena lecet, lakban tersebut dipasangkan ke bagian kaki yang rentan terkena lecet, atau bagian lain secara acak.

Hasilnya, hanya 30 pelari yang tetap mengalami lecet meski kakinya sudah ditutup lakban, sedangkan 81 pelari lainnya kebanyakan mengalami lecet di bagian kaki yang tidak tertutup lakban.

“Pencegahan lecet berarti sangat murah dan mudah. Kita bisa menemukannya dimana-mana, dan takkan habis sampai setahun lebih,” simpul Lipman seperti dilaporkan Fox News.

Lipman menambahkan, lebih baik gunakan lakban kertas karena permukaannya yang lebih lembut sehingga memudahkan kulit untuk ‘meluncur’ di atas satu sama lain, tetapi juga mengurangi tekanan yang terjadi di bawah lakban.

“Daya rekatnya juga tidak begitu kuat sehingga bila kita tarik, maka dasar dari lecet tadi juga tidak ikut terangkat yang bisa mengakibatkan luka atau nyeri di sekitarnya,” jelasnya.

Di sisi lain, lecet juga dapat dihindari dengan berlatih secara teratur, memilih ukuran sepatu dengan tepat, serta menjaga agar kaki tetap kering.

Sumber : http://health.detik.com/read/2016/04/13/074614/3186489/763/lakban-jadi-trik-mudah-cegah-lecet-pada-kaki

Please follow and like us: