Mahasiswa di Malang sulap selotip jadi lukisan yang indah

Tape Art

Tape Art

Selotip biasanya digunakan untuk menempelkan sesuatu, seperti kertas. Namun bagi seorang mahasiswa di Malang, Jawa Timur, selotip mampu dikreasikannya menjadi sebuah lukisan, menggantikan cat, atau alat lukis lainnya. Hasilnya, karya seni unik ini mampu mengundang minat masyarakat.

di rumah kosnya, yang ada di Jalan Raya Candi, Malang, Jawa Timur inilah, Erwin Saputra, meluapkan ekspresinya, dalam lukisan berbagai karakter tokoh nasional. Mulai Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Presiden Keempat, Abdurrahman Wahid, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, hingga pembalap F1, Rio Haryanto.

Semuanya mampu tercipta dengan begitu baik. Walaupun bahan dasar yang digunakan cukup unik, yakni menggunakan selotip.

Lukisan yang dikenal dengan nama tape art ini, dikenalnya, setelah sebelumnya memelajari karikatur dan scribble, dari bangku kuliah yang ditempuhnya di jurusan seni rupa Universitas Brawijaya.Hingga sekitar 2 tahun yang lalu, pria asal Jember ini, secara tidak sengaja, menemukan kreasi ini, saat menempelkan styriofoam di atas meja, dengan menggunakan selotip.

Dia pun mencoba membuat karakter Ridwan Kamil, tokoh yang dikaguminya. kemudian mengunggahnya di media social. dan ternyata, karyanya begitu dikagumi.

Untuk membuat sebuah karya lukisan selotip, Erwin mem-butuhkan waktu antara 2 hingga 4 jam. Bermodalkan selain selotip, juga kain hitam, gunting, dan cutter pen. dengan harga jual, mulai 500 ribu rupiah, pemesan lukisannya, tidak hanya dari malang dan sekitarnya.

tapi juga dari Surabaya, Bandung, Jakarta, hingga Kalimantan. Erwin pun bercita-cita, suatu saat ingin menggelar pameran tunggal, bersama karya-karyanya. Semoga bisa menginspirasi.

Berikut liputannya:
Sumber: Antara TV