Peresmian Rumah Sakit Apung Ke-2 DOCTORSHARE

12Perusahaan mendirikan Yayasan Ekadharma pada tanggal 3 September 2014. Yayasan Ekadharma adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang Sosial dan Kemanusiaan dengan tujuan membantu masyarakat mencapai kesejahteraan.

Yayasan Ekadharma bekerjasama dengan Rumah Sakit Apung Dr. Lie Dharmawan (Yayasan Dokter Peduli / doctorSHARE) dengan tujuan mengunjungi pulau-pulau kecil di Nusantara, mengobati warga miskin yang tak memiliki akses pada pelayanan medis. Yayasan Ekadharma menyediakan kapal untuk Rumah Sakit Apung.

22Rumah Sakit Apung ini diberi nama Rumah Sakit Apung Waluya I dan merupakan Rumah Sakit Apung kedua Yayasan Dokter Peduli (doctorShare). 1 Juni 2015, Yayasan Ekadharma dan Yayasan Dokter Peduli meluncurkan Rumah Sakit Apung Waluya I. Peluncuran Rumah Sakit Apung Waluya I dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 yang digelar di Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rumah Sakit Apung Waluya I diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Bapak Jusuf Kalla.

Rumah Sakit Apung adalah program yang dirancang untuk menjawab kebutuhan masyarakat pra-sejahtera di pulau terpencil Indonesia yang sulit mendapat layanan medis karena kendala geografis dan finansial. Rumah sakit apung kedua doctorShare ini merupakan kapal yang diatasnya dibangun rumah sakit yang mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sama dengan pelayanan yang ada di rumah sakit di darat, demikian juga dengan fasilitas yang ada di Rumah Sakit Apung tersebut.

18Pelayanan medis perdana dilakukan oleh doctorSHARE dengan menggunakan Rumah Sakit Apung Waluya I di tiga lokasi Provinsi Jambi dari tanggal 21 sampai 27 November 2015, doctorShare juga memberikan pelayanan medis langsung ke Bukit Duabelas yang menjadi lokasi tinggal Suku Anak Dalam. Pelayanan perdana ini sudah memberikan pelayanan kepada ratusan pasien. Kegiatan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dilaksanakan di Rumah Sakit Apung berupa operasi bedah, pelayanan USG dan kebidanan, penyakit umum dan dalam.

Kedepannya, Yayasan Ekadharma dan doctorShare akan berusaha memberikan pelayanan secara berkelanjutan supaya mereka tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan rakyat yang sehat maka negara menjadi kuat. Perusahaan telah mengeluarkan dana sebesar Rp. 6,99 M untuk Rumah Sakit Apung Nusa Waluya I dari tahun 2014 hingga Agustus 2016.

Please follow and like us: